Cara Setel Karburator

Cara menyetel karburator motor dengan benar. Karburator merupakan bagian motor yang sangat penting dalam kinerja motor. Jadi kaburator adalah suatu alat untuk mencampurkan bensin ke dalam angin yang akan menuju mesin.

Ada beberapa hal yang membuat Anda harus mengerti bagaimana cara menyetel karburator agar berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah selama penggunaannya.

Cara setel karburator yang benar sebenarnya sangat mudah. Anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus dibawa ke bengkel atau tanpa bantuan orang lain.

Untuk meyetel karburator pun juga tidak memerlukan peralatan khusus, misalnya komputer dan sebagainya. Anda bisa menyetelnya cukup dengan dengan obeng dan tang saja.

Cara Menyetel Karburator motor

Menyiapkan Peralatan

Sebelum Anda memulai cara menyetel karburator, alangkah baiknya jika Anda mempersiapkan terlebih dahulu peralatan yang sangat penting yaitu obeng.

Obeng yang digunakan adalah obeng min (-) untuk memutar skrup. Ada dua skrup pada karburator memiliki fungsi yang berbeda. Skrup pertama untuk menyetel udara dan yang kedua untuk menyetel gas.

Menghidupkan Mesin

Sebelum memulai untuk menyetel karburator pastikan motor mesin harus dalam keadaan hidup. Ini sangat penting agar Anda bisa mendapatkan settingan yang pas. Dan penting juga agar Anda tidak lupa untuk mengetahui apakah mesin dalam kondisi brebet atau normal.

Memutar Skrup Penyetel Gas

Apabila keadaan gas motor yang terlalu brebet maka Anda diharuskan untuk menyetel karburator dengan cara memutar skrup penyetel gas ke arah kanan atau searah jarum jam menggunakan obeng yang sudah disiapkan.

Hal ini bertujuan untuk membuat katub gas semakin terbuka dan tekanan RPM nya juga semakin meninggi, sehingga gas yang dihaslikan menjadi pas.

Menutup Skrup Penyetel Udara

Proses ini bertujuan untuk mengatur skrup penyetel udara yang berfungsi untuk menutup saluran idle juga bertujuan agar tertutupnya udara yang masuk ke mesin.

Membuka Skrup Angin Sampai RPM Tinggi

Ketika menutup skrup angin, pastikan mesin dalam keadaan menyala, apabila mesin mati sebelum saluran tertutup, maka Anda diharuskan untuk menghentikan putaran skrup angin dan biarkan hingga RPM rendah bisa tercapai oleh mesin.

Selanjutnya putar skrup ke arah kiri atau arah membuka. Tujuannya agar RPM bisa berangsur naik setelah udara tertutup.

Menurunkan Setelan Gas

Cara menyetel karburator yang terakhir adalah dengan menurunkan setelan gas untuk menghasilkan idle yang paling ideal. Setelah semua proses telah dijalankan, langkah selanjutnya yaitu mencoba settingannya dengan menghidupkan kembali mesin motor.

Jika settingannya sudah benar, maka motor akan langsung menyala dengan satu kali starter. Namun jika belum, anda harus menyetel ulang kembali karburatornya agar mendapatkan settingan yang ideal.

Semoga setelah Anda membaca cara di atas dapat membantu pengetahuan tentang bagaimana cara setel karburator dengan benar.

Sumber: https://www.harapanrakyat.com/2019/12/cara-menyetel-karburator-motor-dengan-benar/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *